Sunday, November 18, 2018

 N O K E N
Pada saat acara dansa para wanita selalu menggunakan tas noken sebagai hiasan
Noken adalah aksesoris busana tradisional di papua dan awalnya dibuat oleh kaum perempuan-perempuan di Papua. Mungkin sekarang telah menjadi trend bukan saja untuk aksesoris terutama sejak Noken ini populer untuk oleh-oleh khas Papua. Namun sejatinya Noken adalah lambang kedewasaan para perempuan terutama perempuan asli suku Dani. Semua perempuan yang sudah bisa membuat noken, sebagai indikasi bahwa perempuan tersebut dianggap sudah dewasa. Bisa membuat noken juga merupakan salah satu syarat untuk menikah. Filosofi lain, noken melambangkan kebaikan, perdamaian, dan kesuburan. Noken memang hanya ada di Papua, namun tas tradisional ini menambah prestasi keunikan dalam hal keanekaragaman budaya Indonesia. Keunikan noken membuat tradisi budaya ini didaftarkan ke UNESCO sebagai karya tradisional dan warisan dunia. Tanggal 4 Desember 2012 noken pun ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan Papua Asli.
Noken is traditional fashion accessories of Papua and originally created by the women of Papua. Perhaps now it is become trend not only for accessories especially since this Nokens popular as typical souvenirs of Papua. But actually Noken is the symbol of the maturity of women, especially indigenous women of Dani. All women who have been able to make these, as an indication that these women are considered adults. these also constitute one of the requirements for getting married. Another philosophy, noken symbolizes kindness, peace, and fertility. Noken is available only in Papua, but successfully adds to the unique traditional bags achievement in terms of diversity of Indonesian culture. Uniqueness of nokeng made this cultural tradition registered at UNESCO as a masterpiece of traditional and world heritage. Dated on December 4th, 2012 nokeng was established by UNESCO as a cultural heritage of origin papuan.
foto pada saat Yubelium 50 thn emos di apahapsili.

No comments:

Post a Comment

SinarHohickonblogspot

Puisi Anak Rantau Di Negeri Orang Oleh Luis Wasage Puisi Anak Rantau di negeri orang oleh Luis wasage Foto wasage luise Dengan tin...