Sunday, May 19, 2019

SinarHohickonblogspot



Apakah yang kalian tahu tentang organisasi? Organisasi merupakan suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk melakukan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan bersama.
=============================================!================


  1. Pengertian organisasi
Pernahkah kalian mendengar kata organisasi? Apakah organisasi itu? Menurut Kamus Bahasa Indonesia, organisasi adalah kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian atau orang-orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, organisasi adalah tempat berkumpulnya orang-orang demi tujuan tertentu. Organisasi terbentuk bila dua orang atau lebih maupun sekelompok orang yang bekerja sama dan menjalankan suatu pekerjaan atau kegiatan demi mencapai tujuan yang sama pula. Dalam suatu organisasi terdapat pembagian tugas. Pembagian tugas yang dilakukan harus disesuaikan dengan kemampuan setiap individu.
Organisasi memiliki beberapa unsur, antara lain :
  1. Adanya tujuan, yaitu sesuatu yang ingin diwujudkan serta dicapai sehingga memunculkan adanya tugas, wewenang, dan tanggung jawab.
  2. Adanya pembagian tugas sekelompok orang.
  3. Adanya kerja sama diantara orang-orang yang bekerja.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian organisasi adalah suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk melakukan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan bersama.
Sebuah organisai memilik pengurus, anggota dan tujuan. Tujuan di bentuknya organisasi adalah agar kegiatan organisasi brjalan dengan lancar, dan para anggota dapat menjalin kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Salah satu contoh sederhana dari organisasi adalah pengurus ikatan, yang bertugas mengurus dan mengatur kelas tempat belajar. Siapa saja menjadi ketua ikatan? Ketau ikatan terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan biro-biro

  1. Manfaat Organisasi
Organisasi merupakan kegiatan yang tidak wajib kita ikuti. Meskipun demikian, tidak ada salahnya kita aktif dalam kegiatan organisasi. Mengikuti organisasi sangat banyak manfaatnya. Mengikuti organisasi di ikatan dapat menambah wawasan dan pengalaman.
Selain menambah wawasan dan pengalaman, organisasi juga membantu kita mengetahui dan mengembangkan bakat. Misalnya lewat kegiatan organisasi kita bisa menemukan kelebihan dan bakat yg selama ini terpendam. Satu hal yang pasti, aktif dalam organisasi berarti menambah pengalaman atau pengetahuan yang kita bisa belajari di dalam suatu organisasi  di lingkungan ikatan tersebut. 
Melalui organisasi, kamu akan mendapat lingkungan pergaulan yang berbeda. Peserta organisasi sangat beragam. Disana kita bisa berkenalan dengan berbagai organisasi yang berbeda.
Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwasanya aktif dalam organisasi mampu mendatangkan banyak manfaat untukmu, seperti :
  1. Menambah wawasan dan pengalaman
  2. Mengetahui dan mengembangkan bakat
  3. Menambah teman
  4. Mudah bergaul
  5. Melatih diri mandiri
  6. Membagi dan mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat
  7. Menimbulkan kepercayaan diri dan tidak mudah mengeluh
  1. Tugas-Tugas Pengurus Organisasi
Dalam suatu organisasi terdiri dari beberapa pengurus, dan masing-masing pengurus mempunyai tugas yang berbeda-beda. Pengurus dalam sebuah organisasi terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan lain-lain.
Adapun tugas-tugas dari pengurus suatu organisasi, antara lain :
a. Ketua, mempunyai tugas :
  • Mengurus organisasi
  • Bertanggung jawab ke luar dan ke dalam organisasi
  • Memimpin rapat
  • Mengadakan hubungan dengan pihak luar
  • Membuat rencana kerja
b. Wakil ketua, mempunyai tugas
  • Membantu ketua dalam mengurus organisasi
  • Bertanggung jawab dan menggantikan tugas ketua, apabila ketua tidak ada
c. Sekretaris, mempunyai tugas
  • Membantu ketua dalam mengurus organisasi
  • Membuat agenda kegiatan organisasi
  • membuat surat-surat yang diperluka/proposal kegiatan
  • membuat arsip
  • Membuat rencana kerja organisasi bersama ketua
d. Bendahara, mempunyai tugas
  • Mengurus masalah keuangan organisasi
  • membuat laporan keuangan
Setiap organisasi harus melakukan tugas nya dengan baik, agar tujuan organisasi dapat tercapai.
Pada pembahasan di depan telah disebutkan bahwa organisasi adalah suatu sistem usaha kerja sama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Jadi dapat disimpulkan bahwa organisasi memiliki unsur-unsur sebagai berikut :
a. Manusia (anggota dan pemimpin)
Setiap organisasj digerakkan oleh manusia. Artinya, manusialah yang menggerakan suatu organisasi. Dalam organisasi tersapat seorang pemimpin dan ada beberapa orang uang dipimpin anggota.
b. Tujuan
Tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapai dan diwujudkan secara bersama sama. Untuk mencapai tujuan diperlukan pembagian tugas, kewajiban, hak, kewenangan dan tanggung jawab masin-masing.
 c. Pembagian Tugas
Dalam satu organisasi diperlukan pembagian tugas yang jelas. Pembagian tugas dalam organisasi disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab organisasi. Tugas yang satu dan tugas yg lain saling berhubungan. Apabila suatu ketika terjadi kesalahan, maka akibatnya akan ditanggung oleh seluruh anggita organisasi tersebut. Oleh karna itu masing-masing anggota organisasi harus bisa melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik.
d. Kerja sama
Sistem kerja sama yang tersusun rapi, mutlak diperlukan dalam sebuah organisasi. Kerja sama penting bagi terselenggaranya tugas dan kewajiban masing-masing anggota organisasi. Tanpa bekerja sama, tujuan organisasi tidak akan pernah tercapai.

 1. Organisasi di Lingkungan Ikatan mahasiswa  dan Masyarakat
  1. Organisasi di Lingkungan Ikatan 
Ada beberapa jenis organisasi yang ada di lingkungan mahasiswa . Organisasi-organisasi tersebut diikuti dan dilakukan oleh ketua, sekrataris,  dan semua anggota dalam ikatan  tersebut
Seolah merupakan organisasi sosial yang bersifat kemandirian. Organisasi ikatan bertujuan mencerdaskan kehidupan mempelajari karakter kepemimpinan  dengan cara membina mahasiswa dalam ikatan tersebut. Organisasi ikatan dapat berjalan lancar dan tercapai tujuannya jika setiap pengurus bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing, selain itu harus melaksanakan aturan-aturan yang ada.
Kepengurusan organisasi ikatan terdiri dari pembina, dewan penasehat organisasi DPO , ketua, sekrataris,bendahara,biro-Biro dan semua anggota. Masing-masing pengurus mempunyai tugas dan kewajiban. Kepengurusan tersebut dijabarkan dalam struktur organisasi ikatan. Struktur organisasi ikatan berbeda-beda, tergantung dari sarana dan prasarana yang ada di masing-masing organisasi atau ikatan tersebut. 

No comments:

Post a Comment

SinarHohickonblogspot

Puisi Anak Rantau Di Negeri Orang Oleh Luis Wasage Puisi Anak Rantau di negeri orang oleh Luis wasage Foto wasage luise Dengan tin...